Asrama Mahasiswa UI Depok

asrama

Asrama adalah sebuah hunian sementara yang disediakan oleh pihak universitas untuk para mahasiswa baru yang berasal dari luar Jabodetabek. Mahasiswa baru tersebut diizinkan untuk tinggal di asrama selama satu tahun sebelum akhirnya mencari sendiri tempat hunian yang akan mereka tinggali. Letak asrama yang berada dekat dengan hutan kota membuat suasana tenang dan tenteram sehingga mampu memberikan perasaan nyaman kepada para penghuninya. Apabila malam tiba, asrama terlihat seperti sebuah tempat yang ramai ditengah keheningan hutan dan memberi warna terang ditengah gelapnya malam.

Asrama memiliki berbagai fasilitas yang mendukung untuk para mahasiswa. Di asrama terdapat laundry, fotocopy, lapangan olahraga, warnet dan kantin yang harga makanannya dikenal yang termurah di kampus UI. Tarif yang ditawarkan oleh asrama juga termasuk yang termurah di sekitar UI ini, dengan harga 200 ribu kita sudah mendapatkan sebuah kamar berukuran 3 x 2,5 m, meja belajar, lemari pakaian dan tempat tidur ukuran single. Tidak hanya itu, asrama juga menawarkan kamar AC dengan harga 900 ribu perbulan. Kamar yang kita peroleh adalah satu kamar untuk satu orang namun bagi mahasiswa pria ada beberapa kamar yang ditempati oleh dua orang. Kamar – kamar tersebut berjumlah 1320 buah, berada di tiap gedung yang rata – rata terdiri dari empat lantai dan setiap lantai memiliki kamar mandi yang terpadu beserta tempat menjemur pakaian.

Kondisi gedung yang sudah dibangun sejak sepuluh tahun yang lalu sampai saat ini masih terjaga dengan baik. Sangat disayangkan untuk kamar mandi yang sekarang kondisinya sudah tidak sebaik seperti dahulu, banyak pintu kamar mandi yang sudah tidak ada kuncinya serta ada yang tidak dapat digunakan lagi karena rusak. Air yang disediakan pihak asrama sangat lancar dan tanpa hambatan selain itu airnya jernih dan tidak berbau, kontras dengan masalah air untuk urusan listrik di asrama kadang suka terganggu. Mungkin tegangan yang kurang kuat atau beban daya yang meningkat akibat peralatan elektronik yang digunakan oleh para penghuni. Padahal pihak asrama telah menghimbau untuk tidak menambah alat elektronik di kamar demi kenyamanan bersama. Koridor – koridor di asrama terlihat bersih karena setiap hari petugas kebersihan selalu mengerjakan tugasnya dengan baik, tidak berbeda juga dengan halaman yang begitu terawat dan terlihat nyaman dipandang karena dihiasi dengan bunga – bunga yang cantik menawan.

Kantin di asrama dikenal karena harga makanannya yang murah. Tidak hanya makanan, barang keperluan sehari – hari juga tersedia disana. Kantin juga merupakan tempat orang – orang berkumpul dan berdiskusi, tidak jarang para mahasiswa di kantin hingga tengah malam untuk mengerjakan tugas atau sekedar mengobrol dengan teman – teman. Untuk kualitas makanannya lumayan enak tapi menjelang malam hari dimana kondisi makanan yang tidak lagi segar, rasa makanan akan berkurang drastis. Oleh karena itu kita harus jeli dalam memilih makanan di kantin tersebut.

Kehidupan sosial di asrama kental dengan unsur kedaerahan, mungkin karena mayoritas penghuninya adalah mahasiswa dari luar Jabodetabek. Hal tersebut yang menambah rasa kenyamanan para penghuni asrama karena merasa di daerah sendiri. Fungsi asrama sendiri selain sebagai tempat tinggal adalah sebagai sarana berinteraksi para mahasiswa dari seluruh daerah. Setelah satu tahun, para penghuni asrama akan mencari tempat tinggal baru karena asrama akan dihuni oleh mahasiswa – mahasiswa baru tahun berikutnya. Dalam waktu setahun tinggal di asrama, tentu banyak kenangan yang akan terus terbawa hingga kita tua. Bagi yang pernah tinggal disana, asrama adalah sebuah saksi bisu untuk para mahasiswa perantau dari berbagai daerah memulai perjuangannya di kampus tercinta ini.

9 Comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s