Cermat Memilih Jurusan di Dunia Kuliah


Salah memilih jurusan dalam dunia perkuliahan atau yang biasa disebut salah jurusan merupakan masalah yang dialami oleh beberapa teman saya. Banyak dari mereka yang merasa tidak nyaman atau kurang cocok dengan jurusan yang dipilih saat memasuki dunia perkuliaahan, misalnya Andi ingin masuk jurusan kedokteran, namun karena terburu – buru dalam menentukan pilihan maka ia akhirnya masuk jurusan psikologi. Salah jurusan dapat berimbas pada kehidupan akademik yang menjadi terbengkalai karena tidak adanya gairah atau minat dalam jurusan tersebut.

Pada kasus tertentu saya pernah menemukan teman yang melarikan diri dari tempat tinggalnya karena merasa kurang cocok dengan jurusan yang dipilih oleh orang tuanya. Orang tuanya memaksa dia agar masuk jurusan teknik meskipun sebenarnya dia lebih berminat kepada jurusan psikologi, kemudian ada seorang teman saya yang merasa tidak nyaman belajar di jurusan psikologi karena belum mendapat restu dari orang tuanya. Dia ingin masuk jurusan psikologi dan sekarang sudah berada di dalamnya, namun kerena orang tua yang belum merestui, dia menjadi kurang fokus dan merasa bersalah kepada orang tuanya. Orang tuanya berharap dia bisa seperti mereka yang menjadi dokter karena peluang kerjanya pun cukup besar.

Penyebab utama mereka salah jurusan pada umumnya disebabkan oleh pengambilan keputusan yang serba instan atau desakan dari orang tua. Pengambilan keputusan secara instan dapat menyebabkan penyesalan, apabila keputusan yang diambil tersebut tidak tepat untuknya. Orang – orang tersebut kurang mendapat sosialisasi maupun informasi yang cukup tentang jurusan yang dipilih, akhirnya mereka merasa bahwa jurusan yang diperoleh tidak sesuai dengan minat dan bakatnya. Faktor orang tua sampai saat ini masih mendominasi penyebab utama seorang individu salah jurusan. Seperti dua kasus yang telah saya ceritakan, umumnya mereka didesak agar memasuki jurusan yang orang tua inginkan atau yang menurutnya prospek kerja di masa depan akan terjamin.

Sebelum menentukan sebuah pilihan, sebaiknya diperhatikan dengan benar apakah sudah sesuai dengan minat dan cita – cita kita. Cari informasi sebanyak – banyaknya mengenai jurusan yang kita inginkan, tidak peduli apakah jurusan tersebut termasuk yang populer atau biasa saja, sebab masalah prospek pekerjaan pasti setiap jurusan memilikinya, tergantung bagaimana diri kita mampu untuk mengembangkan kemampuan yang dimiliki.

Seharusnya sejak awal kita telah meyakini dan bertanggung jawab kepada pilihan yang kita buat, sehingga dalam prosesnya kelak tidak terjadi penyesalan. Kita tidak hanya rugi dalam materi namun yang paling utama adalah kita telah rugi banyak waktu apabila salah dalam memilih jurusan. Ketika orang lain telah menemukan kenyamanan dengan jurusan yang dipilihnya, justru kita sedang sibuk mencari kembali jurusan yang terbaik untuk kita dan yang terpenting kita malu pada diri sendiri karena telah gagal dalam menentukan salah satu keputusan penting dalam hidup. Kepada para orang tua yang telah memaksakan kehendaknya kepada anak, sebaiknya berfikir mulai dari sekarang bahwa hal tersebut dapat membawa dampak buruk meskipun tujuan sebenarnya baik.

Salah dalam memilih jurusan sudah menjadi masalah umum di kalangan mahasiswa, tidak melihat apakah dia seorang yang rajin atau malas. Sebuah hal yang sebenarnya dapat dihindari sejak awal apabila kita telah memiliki cita – cita atau impian. Orang tua jika melihat keteguhan hati anak dalam memilih jurusan yang diinginkan, maka dia akan luluh dan pada akhirnya mendukung anaknya memperoleh apa yang mereka inginkan, karena setiap orang tua tentu ingin melihat anaknya bahagia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s