Saya Dalam Mata Kuliah Penulisan Ilmiah

the holt handbook

Penulisan ilmiah merupakan salah satu mata kuliah yang saya peroleh di semester awal. Merupakan mata kuliah yang berguna bagi saya untuk mengembangkan kemampuan menulis, sehingga saat dituntut untuk membuat sebuah karya tulis saya sudah terbiasa dengan standar penulisan yang berlaku. Saya sendiri pada awalnya merasa tidak mudah mengikuti mata kuliah ini, karena dalam mata kuliah ini aturan menulis diterapkan dengan sebenar – benarnya, sehingga saya yang belum terbiasa menulis dengan aturan yang berlaku menjadi merasa kurang percaya diri dan merasa ragu saat akan membuat sebuah tulisan.

Di awal pertemuan saya sudah mendapat silabus yang akan menunjukan kegiatan apa saja yang akan dilakukan selama perkuliahan setiap pertemuannya. Saat saya membaca silabus seketika itu saya berfikir bahwa akan banyak sekali tulisan yang harus saya buat. Sebenarnya memang hal itu yang menjadi tujuan utama mata kuliah ini, namun saya merasa bahwa menulis dengan aturan – aturan yang ada membuat kebebasan menulis menjadi terhambat. Tapi ketika diberi tugas untuk menjelaskan alasan saya masuk fakultas psikologi dalam sebuah tulisan yang bebas dan tidak terikat dengan aturan, saya merasa lebih bebas menuliskannya.

Namun seiring berjalannya waktu saya mulai memahami perlunya aturan dalam menulis. Dengan aturan – aturan tersebut seorang penulis dapat menginformasikan dengan jelas apa yang ingin disampaikan kepada pembaca. Apabila tidak sesuai dengan aturan penulisan maka sebuah tulisan yang sampai ke pembaca menjadi sukar untuk dipahami karena sering menuliskan hal yang tidak berhubungan dengan inti tulisan tersebut. Disini saya memahami bahwa sebuah tulisan merupakan sebuah media informasi yang penting, oleh sebab itu perlu dibuat dengan standar aturan yang berlaku.

Tidak hanya cara menulis saja yang menjadi pembahasan dalam mata kuliah ini. Saya juga diajak untuk mengenali seperti apa tulisan – tulisan yang baik maupun yang belum sesuai kaidah penulisan. Selain itu saya juga dibimbing untuk menghindari plagiarisme karena merupakan tindakan yang tidak sesuai dengan moral dan etika dalam masyarakat. Sekarang saya akhirnya mengetahui bahwa selama ini tanpa sadar telah melakukan berbagai macam plagiarisme. Plagiarisme memang menjadi salah satu hal yang harus dihindari menurut saya, karena sangat merugikan dan dalam dunia akademik hal tersebut merupakan hal yang tidak dapat dimaafkan.

Mata kuliah ini mulai bermanfaat untuk saya ketika dalam mata kuliah lain diberi tugas essay atau makalah, karena saya mulai mengetahui tips dan trik bagaimana sebuah tulisan yang baik itu dibuat. Tidak mudah dalam membuat sebuah tulisan yang baik, memang hal tersebut perlu waktu untuk melatihnya namun saat dituntut untuk segera membuat tulisan yang benar – benar ilmiah dalam waktu singkat tentu saya akan merasa kesulitan.

Kesulitan utama yang sering saya hadapi adalah ketika ingin membuat sebuah tulisan tentu perlu ide, dan saya masih sering kesulitan dalam menemukan ide untuk menulis. Apabila saya sudah menemukan sebuah ide, yang menjadi masalah adalah bagaimana menuangkannya dalam bentuk kata – kata. Saya sudah mencoba berbagai macam cara, misalnya dengan banyak membaca referensi tulisan lain namun tetap saja tidak mudah bagi saya untuk menuangkan ide yang telah ada ke dalam bentuk tulisan.

Saya melihat para pengajar mata kuliah ini sudah cukup baik dalam memberikan ilmu yang dimilikinya. Dengan tugas – tugas menulis yang rutin diberikan dan iklim akademik yang baik di dalam kelas bukan hal yang mustahil beberapa waktu ke depan saya sudah dapat membuat sebuah tulisan dengan terbiasa dan sesuai kaidah penulisan yang berlaku.

Tinggalkan Balasan

