Drama 29 Januari 2013

SIAK NG

Ya… Pada hari ini, tanggal ini, bulan ini dan saat ini segenap mahasiswa UI sedang melakukan registrasi online. Proses registrasi tersebut semuanya dilakukan secara online dalam sebuah portal bernama SIAK NG. Mahasiswa diperkenankan mengambil dan memilih mata kuliah yang diinginkannya, tentu untuk mereka yang sudah melakukan pembayaran sebelumnya.

Tepat jam 09.00 pagi proses registrasi atau kerap kali disebut pengisian IRS dibuka. Seluruh mahasiswa UI di setiap fakultas sudah bersiap menghadapi moment ini. Bermodal modem dengan sisa paket kuota seadanya saya turut serta seperti mahasiswa lainnya. Dulu saat semester satu saya tidak perlu mengikuti hal seperti ini  karena mata kuliah sudah dipaketkan oleh pihak universitas. Tak ayal moment pengisian IRS kali ini adalah moment pertama saya dan jujur cukup membuat hati berdebar.

Masalah yang dikhawatirkan pun datang. Akibat beban yang terlalu berat karena dikunjungi oleh hampir puluhan ribu mahasiswa dalam waktu yang bersamaan, server SIAK NG mengalami down dan sulit diakses oleh mahasiswa tidak terkecuali oleh saya. Saat itu saya yang hanya tinggal menekan tombol save karena telah memilih jadwal mata kuliah yang diinginkan, gagal. Berulang kali website SIAK NG menampilkan pesan “Sistem SIAKNG saat ini tidak dapat diakses. Silakan mencoba beberapa saat lagi.” Galau pun melanda hati, bagaimana jika saya tidak berhasil mendapatkan kelas yang saya inginkan. Bagaimana jika jadwal yang sudah disusun oleh saya sebelumnya menjadi sia-sia karena gagal dalam perebutan kelas. Tidak ingin itu sampai terjadi, saya terus berjuang tanpa putus asa. Di twitter banyak teman saya yang memberi tahu bahwa mereka telah berhasil dan ada pula yang meratapi nasibnya akan bagaimana akibat terus menerus gagal untuk mengakses SIAK NG.

Pada akhirnya saya berhasil memilih kelas yang diinginkan dan benar-benar tersimpan di database, tetapi ada satu hal yang mengganjal yaitu mata kuliah pilihan yang saya ambil mengalami masalah karena posisi saya diluar kapasitas kelas. Usut punya usut rupanya teman-teman saya juga mengalami hal yang sama, lega rasanya setelah diberi tahu bahwa memang akan seperti itu karena mata kuliah tersebut akan menunggu jumlah peminat hingga batas yang ditentukan untuk akhirnya dijadikan sebagai mata kuliah pilihan. Untuk mata kuliah olahraga maupun seni jadwalnya belum terdapat pada SIAK NG dan saya beserta teman-teman juga belum bisa memilih kelas yang diinginkan untuk mata kuliah tersebut, semoga sesegera mungkin saya dapat memilih kelas untuk mata kuliah itu. Saya akhirnya mematikan laptop untuk merefresh pikiran sejenak dari ketegangan yang telah saya alami.

Saat tulisan ini dibuat, saya kembali mencoba untuk mengakses SIAK NG namun belum ada kabar mengenai mata kuliah olahraga dan seni. Drama pun masih akan tetap berlanjut, setidaknya hingga 8 Februari mendatang. Para mahasiswa yang telah berhasil memilih kelas bukan berarti aman karena sewaktu-waktu jadwal mereka akan berubah sendiri menyesuaikan dengan yang lainnya, belum lagi harus menunggu persetujuan pembimbing akademis untuk kelas yang telah dipilih. Hmm… benar-benar perjuangan kuliah itu, tidak hanya saat ujian masuk tetapi juga saat registrasi seperti ini. Seperti itulah kuliah dan saya harus terbiasa kedepannya. #Iwillsurvive #Imustsurvive

Tinggalkan Balasan

