Aku Berfikir Maka Aku Ada

the_thinkerAku suka merenung, entah untuk apa. Merenung sendiri, memiliki kesamaan arti dengan berfikir, berfilsafat, dan semacamnya. Saat merenung, pikiran terasa terombang-ambing. Kadang aku memikirkan masa lalu dan disaat yang lain memikirkan masa depan. Aku merasa seperti berenang di lautan pikiran sendiri. Melayang mengarungi alam ketenangan batin. Melewati setiap detil kenangan dan perasaan. Hal ini sudah hampir jadi kebiasaan. Pernah aku tak merasa lelah saat berjalan jauh karena tenggelam dalam pikiranku, meskipun konsekuensinya aku jadi tak sadar apa yang terjadi di sekitar saat itu.

Orang lain bilang aku seorang pemikir, namun aku merasa bukan orang yang seperti itu. Aku yakin bahwa seorang pemikir setelah merenung akan mendapatkan ‘sesuatu’ dari hasil perenungannya. Itu yang sering tidak aku dapatkan dari kegiatan berfikirku. Hasil nihil atau ketidaktahuan adalah jawaban dari hasil pemikiranku. Aneh memang, atau justru ada yang salah dalam proses berfikirku. Pemikiran tanpa hasil bukanlah hal yang aku inginkan, namun aku menikmati kegiatan merenung bukan untuk mendapatkan apa-apa, hanya untuk membebaskan belenggu pikiran yang seakan ingin selalu berputar, bergerak dan tak ingin membatu.

Menurutku merenung itu merupakan sarana untuk berkomunikasi dengan batin. Dengan begitu aku jadi mengetahui apa yang diinginkan oleh batin. Menciptakan keselarasan dengan pikiran sehingga mengurangi konflik batin yang mungkin terjadi. Membuat pikiran menjadi segar karena diasah oleh pengetahuan-pengetahuan yang baru dan saling terhubung. Merenung bukan berarti ‘bengong’ tanpa sebab, tapi sebuah aktifitas yang sebenarnya memiliki tujuan. Aku hanya ingin terus merenung tapi bukan berarti terus terjebak dengan khayalan pikiran. Seperti yang dikatakan oleh Rene Descartes yaitu, “cogito ergo sum” (aku berfikir maka aku ada).

Tinggalkan Balasan

